Beranda » Cara Merekam Gitar Akustik dan Elektrik di Laptop Dengan USB Guitar Link

Cara Merekam Gitar Akustik dan Elektrik di Laptop Dengan USB Guitar Link

merekam gitar di laptop

Merekam gitar di laptop mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah hasil suara yang jernih tanpa ada suara dari luar gitar. Kalau kamu adalah youtuber cover lagu atau cover gitar, maka wajib bagi kamu untuk bisa merekam gitar di laptop atau komputer.

Pada umumnya untuk perekaman gitar kita memerlukan amplifier, akan tetapi butuh budget 1 jutaam. Nah, bagi kamu yang belum mempunyai modal, ada trik untuk merekam gitar dengan alat seadanya. Solusinya adalah dengan Usb Guitar Link.

Usb Guitar Link merupakan alat penghubung gitar ke laptop. Dengan Usb Gitar Link kamu bisa bermain gitar dengan efek layaknya akalu kita pakai amplifier.

  • Simple dengan Plug & Play. Colokan gitar favorit Anda pada usb gitar link dan PC akan berubah menjadi ampli dengan sistem perekaman tanpa perlu perangkat keras lainnya. Anda jadi bisa main gitar di PC Anda.
  • Komponen Kualitas Tinggi. Bekerja langsung dengan PC atau komputer Mac, untuk drivernya sudah disertakan dalam paket. USB gitar link ini akan membantu merekam alunan karya indah Anda.
  • Membantu Belajar Gitar Cepat. Dengan output headphone yang stereo memungkinkan Anda berjam-session dengan komputer dan juga dapat digunakan untuk memonitor speaker aktif.
  • Solusi Murah Rekaman Di Rumah. Bagi Anda yang ingin membuat demo lagu murah dapat menggunakan USB gitar link untuk merekam suara gitar Anda. Karena alat ini memungkinkan Anda untuk main gitar di pc. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk merekam, bermain bersama dalam sebuah lagu, atau bermain langsung dengan berbagai model suara serta penambahan efek.

Perlengkapan Rekam Gitar di Laptop

  1. Gitar Akustik Elektrik / Gitar Listrik
  2. Kabel Jack Gitar
  3. USB Guitar Link
  4. Jack converter 3.5mm ke 6.5mm sebagai output
  5. Spekaer / Headset
  6. PC / Laptop
  7. Software Guitar Rig 5 Download

Catatan ; Biasanya ketika kita membeli Usb Guitar Link kita sudah dapat paket software Guitar Rig. Namun jika kamu tidak mendapatkan paket tersebut kamu bisa mendownload aplikasi Guitar rig.

Seetelah bahan yang diperlukan sudah siap. Selanjutnya langsung kita praktekan.

  1. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi guitar rig 5 di PC / Laptop kamu
  2. Langkah instalasi aplikasi guitar rig 5 adalah > Pilih & Install setup driver asio4all,  driver behringer , dan Guitar Rig 5. semua setup dapat ditemukan pada cd yang didapat dari membeli USB Guitar Link ataupun pada file yang sudah kamu download tadi.
  3. Setelah penginstalan selesai. Buka aplikasi Guitar Rig 5, dan atur audi dan midi setting.

Cara Atur Audio dan Midi setting Guitar Rig 5

  • Buka aplkasi Guitar Rig, lalu pilih File – Audio and MIDI settings dan atur setinganya seperti gambar dibawah. untuk Sampe Rate dapat anda sesuaikan dengan latency pada pc anda.
  • Driver > ASIO
  • Device > Asio Config – Behringer Usb Audio
  • Sample Rate > 44100
  • Kalau bingung lihat gambar dibawah
setting guitar rig

Catatan : Usb Guitar Link juga bisa digunakan di smartphone android, aplikasi guitar rig juga ada di playstore

Mulai Rekaman Gitar di Laptop

  • setelah semua siap
  • Colokkan Usb Guitar Link ke Laptop
  • Colokkan usb guitar link ke gitar
  • colokkan usb guitar link ke speaker atau laptop (Lihat gambar pada lubang usb gitar link)
  • Skema guitar link bisa dilihat di bawah
merekam gitar di laptop
cara merekam gitar di laptop

Itulah sedikit tutorial cara merekam gitar di laptop dengan Usb Guitar Link. Semoga bermanfaat.