Beranda » Tips Merawat Gitar Agar Tidak Bengkok

Tips Merawat Gitar Agar Tidak Bengkok

tips merawat gitar

Salah satu yang sering terjadi pada gitar adalah neck gitar bengkok. Neck gitar yang bengkok akan mempengaruhi suara gitar. Ketika neck gitar bengkok cekung maka jarak senar dan body akan semakin tinggi. Ketika neck gitar bengkok cembung akan membuat senar menempel dengan fret gitar.

Jika jakar senar dan bodi terlalu tinggi, suara yang dihasilkan akan pelan dan nyaring. Selain itu, senar yang tinggi akan membuat permainan gitar tidak nyaman karena sulit untuk menekan kunci.

Sebaliknya, jika Sinar terlalu mepet dengan fret atau bahkan menyentuh neck gitar akan terjadi ngefret. Yaitu suara yang dihasilkan akan cempreng karena senar menyentuh bagian fret lain. Permasalahan tersebut tentu membuat kamu tidak nyaman.

Berikut tips dari Chordindi untuk merawat gitar akustik agar tidak bengkok.

Kendorkan Senar Jika Gitar Tidak Dipakai

Gitar yang jarang sekali dipakai dengan kondisi senar yang masih kencang tidaklah baik. Senar tersebut dapat menarik body dan neck gitar, hal inilah yang membuat neck gitar bengkok. Ada baiknya jika kamu jarang bermain gitar, maka kendorkan saja senarnya, dan kencangkan lagi ketika hendak dipakai.

Selain menjaga neck gitar tetap aman, mengendorkan senar juga akan merawat senar gitar. Sinar yang tidak tertarik dengan kencang akan tahan lama daripada senar yang tertarik dengan kencang.

Jangan Terlalu Kencang Dalam Menstem Gitar

Seringkali kamu terlalu kencang dalam menstem gitar, alaih alih agar suara bisa keras yang terjadi malah akan merusak senar itu sendiri. Selain merusak senar juga bisa membuat neck gitar gampang bengkok.

Saran saya dalam menstem gitar, jangan terlalu dipaskan dengan aplikasi gitar tuner. Aplikasi gitar tuner perpatokan pada suar gitar digital, yang mana setelannya tentu berbeda dengan gitar akustik.

Perhatikan Dalam Menaruh Gitar

Tahukah kamu bahwa menaruh gitar asal-asalan juga bisa mempengaruhi ketahanan gitar. Banyak orang yang asal menaruh gitar, berikut cara enaruh gitar yang baik;

  • Gantungkan pada gantungan gitar. Jika kamu tidak mempunyai gantungan gitar ada baiknya kamu beli dulu. Harga gantungan gitar mlai dari 20 ribu sampai ratusan ribu.
  • Jangan Sandarkan gitar secara vertikal dengan menghadap keluar. Posisi seperti itu akan membuat neck gitar serasa tertarik, yang dapat membuat neck gitar bengkok.
  • Lebih baik tidurkan saja gitarnya daripada kamu dirikan. Posisi gitar yang tiduran justru malah bagus, dan tidak membuat neck gitar tertarik.

Itulah sedikit tips dari saya dalam merawat gitar, semoga bermanfaat sampai jumpa di tips tips berikutnya.